Apa itu Cahaya Ultraviolet? Apa Fungsi Cahaya UV Untuk Sterilisasi Air?

Sinar UV Adalah
Percikan las listrik menimbulkan cahaya UV
Ultraviolet (UV) adalah radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang dari 10 nm (30 Phz) hingga 400 nm (750 THz), lebih pendek daripada cahaya tampak namun lebih panjang dari cahaya-X.

Radiasi UV terdapat pada cahaya Matahari. Radiasi UV juga diproduksi dari percikan las listrik dan lampu spesialis.

Kutub spektrum radiasi ultraviolet yang lebih panjang mampu menimbulkan reaksi kimia dan banyak substansi bercahaya atau berflorensi.

Akibatnya, efek biologis UV lebih besar dibandingkan efek pemanasan yang simpel. Banyak aplikasi praktis dari radiasi UV khususnya terkait interaksi nya dengan molekul organik.

Sejarah Penemuan Cahaya Ultraviolet

“Ultraviolet” berarti “melebihi violet” (dari kata Latin ultra, “melebihi”), violet adalah warna dengan frekuensi tertinggi pada cahaya tampak.

Ultraviolet memiliki frekuensi lebih tinggi daripada cahaya violet.

Radiasi UV ditemukan pada tahun 1801 saat fisikawan Jerman Johann Wilhelm Ritter mengobservasi cahaya yang tak terlihat yang melebihi ujung violet pada spektrum cahaya tampak menggelapkan kertas yang dibasahi dengan perak klorida lebih cepat daripada cahaya violet sendiri.

Ritter kemudian menamakan radiasi ini “cahaya pengoksidasi” untuk menekankan kereaktifan kimiawi dan memisahkannya dari “cahaya panas”.

Pada 1878, efek ultraviolet pendek untuk sterilisasi bakteri ditemukan, dan baru diketahui panjang gelombang yang paling efektif adalah 250 nm pada tahun 1903.

Ultraviolet sebagai Media Sterilisasi Air

Ultraviolet atau energi ultraviolet ditemukan pada gelombang elektromagnetik antara cahaya tampak dan sinar X.

Sinar UV bisa dideskripsikan sebagai radiasi tak terlihat karena rentang spektrum gelombang pada indera penglihatan manusia tidak mencapai ultraviolet.

Sederhananya, warna yang mampu dilihat manusia adalah merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-violet, atau rentang cahaya tampak / visible light.

Untuk membunuh mikroorganisme, sinar UV harus mampu secara langsung menabrak sel mikroorganisme.

Energi UV menembus membran luar sel, melewati tubuh sel, kemudian mengganggu DNAnya untuk mencegah reproduksi sel. Perlakuan UV tidak merubah komposisi kimia air; tidak ada yang ditambahkan kecuali hanya energi saja.

Mikroorganisme yang sudah disterilkan tidak dihilangkan dari air. Disinfeksi menggunakan UV ini juga tidak menghilangkan kandungan organik, inorganik, maupun partikel dari air.

Derajat inaktifasi menggunakan radiasi UV ini berhubungan langsung dengan dosis sinar UV yang diaplikasikan pada air.

Dosis ini, yang merupakan perkalian intensitas cahaya dan waktu exposure diukur dalam satuan microwatt detik per sentimeter kuadrat atau μws/cm2

Di tabel di bawah ini, ditampilkan daftar dosis yang dibutuhkan untuk menghancurkan mikroorganisme yang biasa terdapat pada air di lingkungan Anda.

Sebagian besar sistem UV didesain memiliki dosis sinar UV lebih besar dari 30000μws/cm2
beli lampu uv, harga lampu uv, lampu uv sterilight, dimana beli lampu uv, jual lampu uv, lampu uv murah, jual lampu uv murah, beli lampu uv murah, lampu uv diskon, lampu uv baru, harga terbaru lampu uv, harga uv, beli uv, jual lampu ultraviolet, beli lampu ultraviolet, harga lampu ultraviolet, type lampu ultraviolet, type lampu uv, beli lampu aquascape, jual sparepart lampu uv, jual lampu uv philips, lampu uv philips, harga terbaik lampu uv, manfaat lampu uv, kegunaan lampu uv, beli lampu uv di bandung, beli lampu uv di jakarta, beli lampu uv di surabaya, beli lampu uv di medan, beli lampu uv di malang, beli lampu uv di jakarta selatan, beli lampu uv di jogjakarta, beli lampu uv di yogyakarta, pengertian lampu uv, manfaat lampu uv, harga lampu uv murah, diskon lampu uv, lampu uv import, lampu uv untuk filter air, jual lampu uv di bandung, jual lampu uv di jakarta, jual lampu uv di surabaya, jual lampu uv di medan, jual lampu uv di malang, jual lampu uv di jakarta selatan, jual lampu uv di jogjakarta, jual lampu uv di yogyakarta, cara menggunakan lampu uv, cara merawat lampu uv, cara membersihkan lampu uv, cara mengganti lampu uv, penyedia lampu uv, penyedia lampu uv murah, penyedia lampu uv terbaik, penyedia lampu uv indonesia, penyedia lampu uv utama, penyedia lampu uv smk, penyedia lampu uv laboratorium, penyedia lampu uv aquarium, penyedia lampu uv harga, penyedia lampu uv dimana, penyedia lampu uv di bandung, penyedia lampu uv di jakarta, penyedia lampu uv di surabaya, penyedia lampu uv di bekasi, penyedia lampu uv di cikarang, penyedia lampu uv di tangerang,

Posting Komentar

0 Komentar

advertise